Selasa, 02 Desember 2014

Cara membuat PCB Sendiri

Posted by Blogger Name. Category:

   Mungkin ini pelajaran waktu masih kecil dulu hmmmm cara membuat Pcb sendiri. meskipun kita memakai mikrokontroler yang jelas untuk komponen pendukung yang biasanya sebagai penguat dari pada mikrokontoler adalah perangkat elektro yang kita mungkin harus merakitnya sendiri, karena terkadang skema yang kita inginkan tidak ada di pasaran alias kita harus buat sendiri sebagai sarana pendukung dari apa yang kita buat, mesti ada jenis pcb bolong yang kita bisa merakit dengan membuat jalur sendiri dengan kabel atau kawat kaki komponen tetapi beresiko besar terjadi konsleting. nah kali ini admin mau berbagi trick membuat pcb sendiri dengan peralatan sederhana maupun profesional untuk membuat sebuah pcb.
bahan dan alat yang kita butuhkan sbb.

1. Pcb plat kosongan
2. Feric Chloride ( cairan pelarut tembaga )
3. Seterika / Krisbow F9050 mesin laminating
4. Printer Laser kalau tidak ada bisa cetak di tukang desain sablon
5. Software Desain dan simulator PCB seperti Eagle silahkan klik disini 
6. Kertas Transfer Pcb / Kertas Transfer Thermal atau pakai  Kertas Bekas Kalender/ Silky

    Hal pertama desain PCB pada eagle desain dan simulator atau kalau kita dapat skema dari internet kita tinggal cari software apa yang dipakai pada skema misalkan memakai format file milik CadSoft EAGLE PCB design software, atau kita mungkin bisa blat dengan corel draw kalau skema itu sesuai dengan kaki -  kaki komponen, kita tinggal print pada printer jenis laser seperti hpjet, 
alat laminating kalau ada kalau tidak ada pakai seterika baju juga bisa yang fungsingya merekatkan tinta laser pada plat tembaga. di gosok gosok hingga merata atau dengan mesin laminating - +10 kali jalan.
ambil dan masukan air tunggu sampai kertas tranfer thermal mengelupas sendiri.
Kemudian siapkan wadah dengan air secukupnya dengan di campur larutan Feric Chloride. rendam pada larutan dan sedikit di goyang goyang biar cepat merata dan larut tunggu sampai garis pada desain jalur pcb benar benar bersih dari plat yang kita pakai untuk mencetak pcb. dan pcb pun jadi siap untuk di pakai.
untuk yang memerlukan copy chipset atau memerlukan script program IC mungkin kita butuh satu alat ini usbasp 2840p untuk jenis chipset lama seperti jenis chip atmega avr kita tinggal beli IC kosongan dan kita bisa program sendiri seperti kita membeli arduino. selamat berkarya

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Footer1

FOOTER 2

Footer 3

Copyright 2013 INDIS : Cara membuat PCB Sendiri Template by CB Blogger Template. Powered by Blogger